Long Weekend Backpakeran Yuk Ke Kawah Ijen Dan Baluran

Minggu, 11 Maret 2018

Travel

83

- prwr -

Glovers, 2018 banyak banget harpitnas yang bisa kamu manfaatkan sebagai moment liburan panjang kamu nih. Enaknya jalan-jalan kemana ya? Kalau budget kamu kurang tapi kamu mau pergi ke jauh lebih baik kamu coba backpakeran aja.

Kalau kamu mau coba tips backpakeran, kamu harus siapkan mental Glovers. Karena hanya orang-orang yang punya mental nih bisa liburan ke jauh dengan budget yang pas-pasan.

Enaknya kemana ya? Gimana kalua ke Kawah Ijen dan Baluran aja? Kali ini Geffenia.com akan kasih kalian tips backpakeran ke ijen dan baluran.

http://d2cy6imgu7fdex.cloudfront.net/media/article_image/cover/original/1225-kawah-ijen-kawah-asam-terbesar-di-dunia.jpg

Kawah ijen yang terkenal dengan blue fire karena blue fire Cuma bisa kamu temukan di dua benua nih, salah satunya ya Indonesia pastinya. Sejalur dengan Kawah Ijen kamu bisa pergi ke Taman Nasional Baluran, seperti hamparan padang savanna di Afrika, tapi nggak perlu jauh-jauh ke Afrika karena di Banyuwangi kamu sudah merasakan savanna ala Afrika yang nggak kalah tentunya.

Kalau dari Jakarta kamu bisa pakai kereta api Pasar Senen – Banyuwangi dengan harga tiket 160.000, nanti kamu akan transit satu kali di stasiun Surabaya Gubeng. Dari stasiun Karang Asem Banyuwangi kamu pergi ke terminal terdekat yaitu terminal Bungurasih dan langsung mencari bus rute Bondowoso.

Sebenarnya untuk menuju Kawah Ijen ada dua alternatif rute yaitu via Banyuwangi dan Bondowoso dan misalnya kamu memilih via Bondowoso, berdasarkan hasil browsing di internet dari terminal bungurasih ada bus yang langsung menuju Bondowoso. Rute ke Bondowoso agak susah dan biasanya di oper sana sini dan mereka menyarankan naik bus ke Banyuwangi. Kamu juga bisa cari travel kok ke Bondowoso.

Setelah sampai Bondowoso, kamu harus ke Paltuding. Nah ini yang harus kamu ingat kalau angkutan dari terminal Bondowoso menuju Paltuding terakhir berangkat jam 1 siang. Kalau kamu lewat dari jam 1 siang, hmm siap-siap aja akan banyak calo. Tentunya kamu harus siapkan sejuta kata untuk alasan, pasti para calo akan menawarkan kamu untuk menginap sampai pagi, padahal kamu mau lihat blue fire malam itu. Perjalanan Bodowoso – Paltuding bisa sampai 6 jam. Kalau berani sih kamu harus coba numpang truk yang kea rah paltuding, biasanya banyak truk logistik yang bisa kasih tumpangan.

Sampai di paltuding kamu bisa taanya penginapan di warung yang ada di paltuding. Kamu harus istirahat sembari nunggu pendakian jam 1 malam. Kalau kamu bermental baja kamu harus coba tanpa guide tapi kalua kamu takut nyasar ya sebaiknya menggunakan guide.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/uploads/post/large-kawah-ijen-2-a60715cb039ad607ab59cdd2967250a9.jpg

Jam 1 dini hari mulai trekking di udara yang dingin. Tak lupa sebelum trekking  registrasi dulu dan membayar Rp. 10.000. Jalur menuju kawah ijen cukup menanjak dan normalnya dapat ditempuh selama 2-3 jam jalan kaki. Disarankan menggunakan sepatu trekking apalagi jika ingin turun ke kawah untuk melihat blue fire karena bebatuan cukup tajam dan terjal.

Demi menikmati indahnya si api biru, kamu harus berjuang sebegiunya yah! Setelah trekking naik ke atas dan dilanjutkan trekking menuju sunrise point dan menanti sang mentari serta indahnya kawah ijen. Hmm terbayang kan indahnya akan seperti apa?

G Lovers berminat backpackeran?

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas



Polling

Mana Yang Lebih Horror?
Insidious
The Conjuring
Annabelle
Deliver Us from Evil

Lihat